Skip to main content

Analisis Susu Bayi


ANALISI PRODUK
Bebelove FL
SGM Eksplor PHPro
Nutribaby Royal





Gambar





 















KOMPOSISI
Per 100 mL Protein 1.7 g, fat 3.6 g, carbohydrate 7.5 g, moisture 3 g, linoleic acid 555 mg, α-linolenic acid 53 mg, arachidonic acid 7.3 mg, DHA 7.3 mg, Vitamin A 63 mcg-RE, Vitamin D3 0.83 mcg, Vitamin E 0.94 mg α-TE, Vitamin K1 3.4 mcg, Vitamin B1 41 mcg, Vitamin B2 92 mcg, Vitamin B3 0.29 mg, Vitamin B5 0.291 mg, Vitamin B6 32 mcg, Vitamin B9 7 mcg, Vitamin C 9.4 mg, biotin 1.1 mcg, choline 7.5 mg, inositol 3 mg, L-carnitine 1.3 mg, taurine 3.8 mg, Ca 44 mg, phosphorus 24 mg, Mg 4.5 mg, Fe 0.53 mg, Zn 0.52 mg, manganese 9.4 mcg, copper 43 mcg, iodine 7.5 mcg, Na 23 mg, K 53 mg, Cl 41 mg.
Per 100 g Protein 15 g, carbohydrate 53.8 g, fat 24 g, hydrolized whey protein, maltodextrin, mixed vegetable oil consists of α-linolenic acid (ALA) 400 mg & linoleic acid (LA) 3,800 mg, DHA 48 mg, Vitamin A 1400 IU, Vitamin D 280 IU, Vitamin E 7.3 IU, Vitamin K 39 mcg, Vitamin B1 725 mcg, Vitamin B2 510 mcg, Vitamin B3 5.5 mg, Vitamin B5 1.6 mg, Vitamin B6 340 mcg, Vitamin B9 65 mcg, Vitamin B12 1 mcg, Vitamin C 105 mg, Vitamin H (biotin) 9.9 mcg, inositol 16 mg, choline 65 mg, carnitine 6 mg, Ca 470 mg, phosporus 320 mg, Mg 39 mg, Na 120 mg, K 400 mg, Cl 400 mg, Fe 8.2 mg, Zn 6.2 mg, Cu 270 mcg, manganese 26 mcg, iodine 75 mcg, selenium 5.5 mcg. Energy: 491.2 kCal
Per 100 mL Protein 1 g, fat 3.5 g, carbohydrate 8 gal, linoleic acid 517 mg, α-linolenic acid 54 mg, arachidonic acid 12.5 mg, DHA 12.5 mg, lactose 7 g, dietary fiber 0.27 g, soluble dietary fiber 0.14 g, galacto-oligosaccharide 0.72 g, fructo-oligosaccharide 0.08 g, nucleotides 2.6 mg, Vitamin A 57 mcg-RE, Vitamin D3 0.75 mcg, Vitamin E 1.1 mg -TE, Vitamin K1 5.1 mcg, Vitamin B1 0.05 mg, Vitamin B2 0.11 mg, Vitamin B3 0.46 mg, Vitamin B5 355 mcg, Vitamin B6 0.04 mg, Vitamin B9 10 mcg, Vitamin B12 0.26 mcg, Vitamin C 10 mg, biotin 2.5 mcg, choline 15 mg, inositol 3.5 mg, L-carnitine 1.7 mg, taurine 5.1 mg, Ca 43 mg, phosphorus 24 mg, Mg 4.4 mg, Fe 0.67 mg, Zn 0.61 mg, manganese 7.9 mcg, copper 36 mcg, selenium 1.1 mcg, iodine 10 mcg, Na 20 mg, K 60 mg, Cl 42 mg.

Susu formula bebas laktosa untuk bayi usia 0-12 bln.
Susu formula menggunakan Partial Hydrolysis Protein
Susu formula untuk bayi usia 0-6 bln.
Segmenting
Produk bebelove FL merupakan susu formula untuk bayi. Biasanya susu ini ditujukan untuk orang orang dengan tingkat ekonomi menengah. Harga bebelove FL mencapai Rp. 84.000
Produk SGM PHPro 1 Merupakan susu Formula untuk balita. Biasanya susu ini ditujukan untuk orang orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Harga SGM PHPro 1 mencapai Rp. 115.000
Produk Nutribaby merupakan susu formula untuk bayi. Biasanya susu ini ditujukan untuk  orang orang dengan tingkat ekonomi  menengah ke Atas. Harga Nutribaby mencapai Rp. 150.000
Targeting
Susu formula Bebelove FL memiliki konsentrasi produk bayi berusia 0-12 bulanyang sedang dalam proses berkemban  yang memiliki alergi terhadap laktosa
Susu SGM PHPro 1 memiliki konsentrasi produk balita dalam proses tumbuh dan berkembang yang memiliki alergi terhadap protein sapi
Susu Nutribaby Royal memiliki konsentrasi produk bayi berusia 0-6 bulan dikarenakan nutrisi dan tekstur dari susu ini sendiri mirip seperti ASI
Positioning
Posisi Bebelac di Indonesia cukup melekat pada benak ibu ibu yang sedang mencari susu formula yang cocok dengan bayi mereka
Posisi SGM di Indonesia cukup melekat pada benak ibu ibu yang sedang mencari susu formula yang cocok dengan balita mereka. Meski harga susu ini dapat dibilang cukup mahal
Posisi nutribaby  di Indonesia kurang melekat pada benak ibu ibu yang sedang mencari susu formula yang cocok dengan bayi mereka. Karena harga dari nutribaby sendiri dapat dibilang mahal



Analisis Sampo


  •    Sampo Sunsilk Nourishing Soft & Smooth

            Water, Sodium laureth sulfate, Dimethiconol, Cocamidopropyl Betaine, Perfume, Sodium Chloride, Carbomer, TEA-Dodecylbenzenesulfonate, Tea-sulfate, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Citric Acid, Sodium Hydroxide, Disodium EDTA, Glycerin, Mica, Sodium Benzonate, Phenoxyethanol, Cyclotetrasiloxane, DMDM Hydantoin, Titanium Dioxide, Magnesium Nitrate, Lysine HCl, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Olea Europaea (Olive) Friut Oil, Camellia Oleifera Seed Oil, Methylchloroisothiazolinone, Magnesium Chloride, Iodopropynyl Butylcarbamate, Methlisothiazolinone, Sodium Sulfate, Acetic Acid, Cl 15985, Cl 19140

  •  Sampo Clear Natural Black

Komposisi sampo Clear
Ø  Yang sama komposisinya dengan sampo Sunsilk
Water, Sodium laureth sulfate, Dimethiconol, Cocamidopropyl Betaine, Perfume, Sodium Hydroxide, Sodium Chloride, Phenoxyethanol, Sodium Hydroxide, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Citric Acid, TEA-Dodecylbenzenesulfonate, Glycerin, TEA-Sulfate, Sodium Benzonate, Cyclotetrasiloxane, Iodopropynyl Butylcarbamate, Olea Europaea (Olive)

Ø  Yang tidak sama komposisinya dengan sampo yang lain
Zinc Pyrithione, Dimothicone, Carbomer, Sodium Salycylate, Zinc Sulfate, Poloxamer 407, Laureth-23, Sodium Polynaphthalenesulfonate, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Laureth-4, Glycine, Niacinamide, PEG-4, Cellulose Gum, DMD Hydantoin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Propylene Glycol, Methylisothiazolinone, Fruit Extract, Cl 77266

  •          Sampo Serasoft Complete Hair Theraphy


Komposisi sampo Serasoft
Ø  Yang sama komposisinya dengan sampo Sunsilk 
Water, TEA-Dodecylbenzenesulfonate, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Methlisothiazolinone, Methylchloroisothiazolinone, Perfume, Dimethiconol, Cocamidopropyl Betaine, Carbomer, Sodium Chloride, Disodium EDTA, Citric Acid, Sodium Hydroxide, Sodium Benzonate, Cl 19140,


Ø  Yang komposisinya beda dari yang lain
Ammonium Laureth Sulfate, Ammonium Lauryl Sulfate, Glycol Distearate, Cocamide MEA, Dimethicone, Cetyl Alcohol, Polyglyceryl-10 Laurate, Diglucosyl Gallic Acid, Polyquartenium-10, Bis-Isobutyl PEG/PPG-20/35/Amodimethicone Copolymer, Cetyl Ethylhexanoate, Polysorbate 80, Butylene Glycol, Lactic Acid, Metylparaben, Propylparaben, Ethanol, Sodium Citrate, Sesamum Indicum Seed Extract, Phenoxyethanol, Cl 16255, Cl 42090, Cl 14720

Fungsi dari Beberapa Bahan Shampoo

Bahan aktif :

  1. Sodium Laureth Sulfate (surfaktan, pembentuk busa yang baik dan kondisioner yang baik
  2. Cocoamidopropil Betaine (sebagai 'surfactant‘, zat inilah yang menghasilkan busa, zat ini memiliki kegunaan yang hampir sama sebagai pembersih atau 'pembuang' kotoran yang menempel)
  3.  Zinc pyrithione (merupakan agen an_bakteri dan an_jamur. Dapat mengurangi jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe)
  4. Dimethiconol (sebagai pelembab dan mencegah iritasi pada kulit, zat ini mengandung minyak silikon yang berfungsi melembutkan ku_kula rambut)
  5. Guar hydroxypropyltrimonium Chloride (memiliki sifat melembabkan)
  6. Menthol (memberikan sensasi segar)
  7. Lysine HCL (senyawa/campuran turunan dari protein, digunakan untuk menumbuhkan, maupun memperbaiki rambut yang rusak) 
  8. Panthenol (mengandung vitamin B yang bekerja luar dan dalam. Zat ini mempertahankan kelembaban rambut dan membantu shampoo untuk lebih menyerap ke dalam kutikula)
  9. Citrus Auran_folia (Lime) Juice (Vitamin, berfungsi menghaluskan ku_kula dan menambah kemilau pada rambut)


Bahan tambahan :

1.      Water (sebagai pelarut, lazimnya digunakan sebagai penentu kekentalan atau encernya suatu larutan)
2.      TEA-Dodecylbenzenesulfonate (emulsifying agent)
3.      Sodium Chloride (digunakan sebagai pengawet )
4.      Perfume (Digunakan sebagai campuran dengan kegunaan memberikan aroma (bau) yang enak)
5.      Carbomer (sebagai penyeimbang emulsi, atau agen penebal (seper_ ragi yang membuat ro_ mengembang))
6.      DMDM Hydantoin (Dipasarkan dengan nama dagang Glydant dan mempunyai spektrum an_mikroba yang luas dan sangat larut dalam air sehingga dipakai sebagai pengawet sampo)
7.      Sodium Hydroxide (bahan pembentuk sabun)
8.      Methylisothiazolinone (sebagai pengawet, sangat efektif terhadap jamur, bakteri Gram positif dan Gram negatif walaupun dalam konsentrasi rendah)
9.      CI 19140 (pigmen buatan penghasil warna kuning nomor 4)
10.  CI 42090 (pigmen buatan penghasil warna biru nomor 1)
11.  CI 14720 (pigmen buatan penghasil warna merah)
12.  Cl 16255 (Pigmen buatan penghasil warna merah nomor 7)
13.  Cl 15985 (Pigmen buatan penghasil warna kuning nomor 3)

Bahan yang cukup berbahaya dalam shampoo :

  1. Sodium lauryl sulfate

Bahan tersebut banyak terkandung pada sampo yang berfungsi sebagai pembersih dan pencipta busa. Sebenarnya bahan tersebut relatif aman, tetapi jika kontak cukup lama dengan kulit bisa menimbulkan iritasi dan memicu kulit kering. Hal itu karena detergen mengangkat lapisan lipid pada kulit. Karena bersifat pembersih, maka lemak - lemak yang berfungsi untuk melindungi kulit juga ikut larut, sehingga kulit menjadi kering dan akan mengakibatkan iritasi.



STP Untuk Sampo
SAMPO  SUNSILK

* Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Sampo Sunsilk ini biasanya digunakan oleh mereka yang rambuntya kering dan butuh nutrisi.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk Sunsilk ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas,                maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh                seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil  dengan harga Rp.1000 per pack dan botol sekitar Rp              20.000-23.000. Sengat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah untuk perempuan remaja dan dewasa. Sasarannya adalah             masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang sudah       berkeluarga .
2. Spesialisasi Produk
    Spesialisasi produk Sunsilk ini pada sampo
3. Jangkauan Pasar
    Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
Posisi Sunsilk ini sudah familiar dalam masyarakat dan sudah lama ada di kalangan masrakat.     Dan hal ini terkenal juga mengingat dari salah satu produk dari Unilever.

SAMPO  CLEAR

* Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Sampo Clear ini biasanya digunakan oleh mereka yang menginginkan rambutnya semakin          hitam pekat dan berketombe.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk Sunsilk ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas,                maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh                seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil  dengan harga Rp.1000 per pack dan botol sekitar Rp              24.000-25.000. Sengat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah untuk perempuan remaja dan dewasa. Sasarannya adalah            masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang sudah        berkeluarga .
2. Spesialisasi Produk
    Spesialisasi produk Sunsilk ini pada sampo
3. Jangkauan Pasar
    Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
Posisi Sunsilk ini sudah familiar dalam masyarakat dan sudah lama ada di kalangan masrakat     sama seperti sunsilk.


SAMPO  SERASOFT

* Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Sampo Serasoft ini biasanya digunakan oleh mereka yang menginginkan rambutnya seperti          keramas di salon
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk serasoft ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas,                 maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil  dengan harga Rp.1000 per pack dan botol sekitar Rp 21.000-23.000. Sengat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah untuk perempuan remaja dan dewasa yang mau mencoba salon secara murah setiap saat. Sasarannya adalah masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang sudah berkeluarga .
2. Spesialisasi Produk
Spesialisasi produk Sunsilk ini pada sampo
3. Jangkauan Pasar
Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
Posisi sampo ini baru di pasar. Namun karena mempunyai desain dan narasi yang bagus,             maka banyak konsumen yang kemudian penasaran akan sampo ini.



Analisis Sabun Cuci Piring



 1. Sunlight



*Komposisi:
-surfaktan
-builder (sodium tri poly phosphate)
-asetat:nitril tri acetate,ethylene diamine tetra acetate,silikat:zeolit,sitrat:asam sitrat
-jeruk nipis

*Apa yang membedakan sabun cuci

piring sunlight dengan yang lain nya?
Merk sabun cuci piring ini sudah ada sejak tahun 1851. Dibuat dengan bahan dasar "ajaib"                  yaitu extra jeruk nipis asli yanh di klaim dapat mengatasi lemak dengan                                                ampuh,menghilangkan bakteri sehingga sunlight tidak hanya membuat peralatan makanan                  "bersih dan mengkilap" tetapi juga membuatnya terbebas dari bakteri

*Kelebihan:
-mudah di dapatkan
-teruji klinis
-memiliki kekuatan 100 jeruk nipis yang mampu membersihkan lemak memdandel
-terhindar dari bakteri
-memiliki kemasan ekonomis/sachet
-terpercaya karna sudah ada sejak tahun 1851

*Kekurangan:
-harga cenderung lebih mahal dibanding produk pencuci piring lainnya
-kemasannya tidak ramah lingkungan


Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “Sunlight”

* Segmentation
    Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
    Segmen penjualan produk Sunlight Sabun cuci Piring ini ditujukan untuk wanita ataupun                    pria dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan                        oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
    Penjualan produk Sunlight ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
    Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas,                        maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
    Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh                        seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil 90 ml dengan harga Rp.1000 per pack. Sengat                          memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
    Targeting dari produk ini adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Sasarannya adalah                                  masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang                  sudah berkeluarga maupun yang belum (anak kost misalnya).
2. Spesialisasi Produk
    Spesialisasi produk sunlight ini adalah sabun cuci piring cair.
3. Jangkauan Pasar
    Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
              Posisi Sunlight sebagai leader. Karena belum ada sabun yang dapat menyainggi                         produk ini. Ditambah dengan inovasi “sunlight gel” dengan anti bacteria, kekuatan 100                       jeruk nipis, dan ekstrak greentea untuk varian anti bau. Sehingga produk “Sunlight”                             memiliki 50 % produk paling dominan di pasaran.


2. Mama Lemon


*Komposisi:
Bahan aktif : 21% (LAS Na, SLES, SLS, CAPB,ekstrak lemon anti bakteria)

*Apa yang membedakan MAMA LEMON dengan sabun pencuci piring lainnya?
Mama Lemon ada di tengah keluarga indonesia sejak 1985.Lion Wings menjadi pioneer cairan pencuci piring di Indonesia. Kehadiran Mama Lemon telah berhasil membuat kegiatan membersihkan peralatan makan dan masak jadi jauh lebih praktis dan higienis daripada sebelumnya.

Didorong semangat untuk terus berinovasi, pada tahun 1997 Lion Wings meluncurkan Mama Lime sebagai pencuci piring, buah, dan sayur. Berkat Mama Lime, keluarga Indonesia dapat mencuci buah dan sayur hingga bebas pestisida dan bakteri.

*Kelebihan:
- sabun pencuci piring no.1 di Singapura
- Banyak variannya
- Lembut di tangan
- Dapat digunakan untuk mencuci buah dan sayur
- Anti bactrial
- Memiliki formula mineral anti lemak

*Kekurangan:
- kurang populer di indonesia

Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “Mama lemon”

* Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Segmen penjualan produk Mama lemon Sabun cuci Piring ini ditujukan untuk wanita ataupun pria dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk Mama lemon ini di seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil 125 ml dengan harga Rp.2000 per pack. Sengat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Sasarannya adalah masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum (anak kost misalnya).
2. Spesialisasi Produk
Spesialisasi produk mama lemon ini adalah sabun cuci piring cair.
3. Jangkauan Pasar
Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
Posisi mama lemon adalah nomer 1 di singapura. Karena belum ada sabun yang dapat menyainggi produk ini. Ditambah dengan inovasi “mama power stain remover” dengan teknologi Lion Japan yang mampu membersihkan semua peralatan berbahan dasar stainless steel seperti kompor, tempat cuci piring, meja dapur, dll.


3.S.O.S


*Komposisi:
bahan aktif 18,5% (LAS,SLES,CDEA)

*Apa yang membedakan s.o.s cairan pencuci piring dengan pembersih lainnya?
S.O.S cairan pencuci piring adalah pembersih yang dapat membunuh kuman karena kritera terpenting dari pencuci piring adalah kemampuannya membersihkan dan menghilangkan kuman dari peralatan makan,karena kuman-kuman yang menempel dan termakan akan menimbulkan penyakit diare. S.O.S cairan pencuci piring Tidak akan menyisakan sensasi licin pada piring meskipun sudah dibilas. Apalagi jika habis mencuci sisa makanan berlemak dari piring.

Beberapa makanan, khususnya yang disimpan dalam wadah tertutup, cenderung menyisakan bau meski sudah dicuci. Akhirnya, muncul aroma tak sedap yang menyebabkan ketidaknyamanan saat wadah tersebut hendak digunakan kembali. Oleh karena itu, S.O.S cairan pencuci piring yang memiliki wewangian segar dan dapat menghilangkan bau tak sedap. Misalnya yang memiliki aroma jeruk nipis atau lemon segar. Kedua buah tersebut sudah telah terbukti dari waktu ke waktu dapat membantu menghilangkan bau tak sedap.

Noda pada peralatan makan dan memasak terkadang sulit dihilangkan. Apalagi jika menggunakan bahan masakan yang memiliki warna kuat, seperti kunyit misalnya. Bahan-bahan ini cenderung meninggalkan noda di piring terutama yang terbuat dari bahan non-kaca atau keramik. Piring makan anak dari melanin misalnya, jika terlalu lama bersinggungan dengan makanan yang mengandung banyak kunyit bisa sangat sulit dibersihkan. Begitu pula gelas melamin yang digunakan sebagai wadah teh atau kopi. Oleh karena itu,kita harus memastikan untuk mencuci peralatan makan dan minum sesegera mungkin dengan sabun cuci piring yang bisa membersihkan noda.

*Kelebihan:
- wangi yang segar
- Lembut di tangan karena mangandung aloe vera
- Memiliki varian wangi yang banyak
- Dapat membunuh kuman/bakteri E.coli dan S.typhimurium
*Kekurangan:
- kurang populer di indonesia
- Kurangnya iklan-iklan tentang produk ini
- Harga sedikit lebib mahal


Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “S.O.S”

* Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Segmen penjualan produk S.O.S cairan pencuci piring ini ditujukan untuk wanita ataupun pria dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk S.O.S ini di seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi kemasan yang sedikit, S.O.S cairan cuci piring tidak memiliki harga yang variatif.Untuk kemasan 750mL di hargai dengan Rp15,000

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Sasarannya adalah masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum (anak kost misalnya).
2. Spesialisasi Produk
Spesialisasi produk S.O.S ini adalah sabun cuci piring cair.
3. Jangkauan Pasar
Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning

Posisi S.O.S sebagai cairan pembersih piring ini bukanlah nomer satu di indonesia. Karena, merk/brand S.O.S ini tidak memfokuskan kepada cairan pembersih cuci piring saja.



Analisis Pelezat Makanan



1. Royco


·                    *Komposisi
-         Gula
-         Rempah-Rempah
-         Garam
-         Dekstrin
-         Penguat rasa (mononatrium glutamate,dinatrium inosinate & guanilat)

 *Apa yang membedakan pelezat makanan Royco dengan yang lain nya?
Royco itu sudah sangat familiar sekali di kalangan masyarakyat Indonesia, banyak berbagai macam-macam rasa dan ukurannya pun ada yang kecil maupun besar. Royco di Indonesia sudah terdistribusi dengan baik.
  * Kelebihan :
- membuat makanan menjadi lebih nikmat
- dapat mengurangi jumlah makanan yang dimakan
- dapat mengurangi jumlah garam yang digunakan

             *Kekurangan
Royco atau Monosodium Glutamat (MSG) adalah penyedap rasa yang banyak digunakan dalam makanan sehari-hari. Namun penggunaan MSG harus diatur agar tidak berlebihan. Ketika sesorang menggunakan MSG terkadang mengalami reaksi antara lain berupa sakit kepala, berkeringat, sesak nafas, mati rasa, kesemutan, detak jantung yang tidak teratur dan kencang, sakit dada, hingga mual.

Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “Royco

*Segmentation
    Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
    Segmen penjualan produk royco ini ditujukan untuk wanita ataupun pria dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
    Penjualan produk Royco ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
    Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
    Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil 9gr dengan harga 500 rupiah Sangat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

*Targeting
 1.Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Sasarannya adalah masyarakat umum baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum berkelurga.
 2.Spesialisasi Produk
Spesialisasi produk royco ini adalah penyedap bumbu setiap masakan
 3.Jangkauan Pasar
Produk ini bersaing di pasar Nasional.

*Posotioning
1.Mengidentifikasi sekumpulan keunggulan kompetitif yang berbeda di mana untuk membangun posisi.
2.Memilih keunggulan kompetitif yang tepat.
3.Dan memilih strategi positioning secara keseluruhan


2. Masako

 *Komposisi:
-         Garam
-         Gula
-         Penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat)
-         Ekstrak daging ayam lemak ayam, bawang putih, bawang merah, pengatur keasaman (trinatrium sitrat), ekstrak protein kedelai, merica

*Apa yang membedakan pelezat makanan Masako dengan yang lain nya?
karena Masako rasanya lebih asin dan fungsinya Masako seharusnya ada 2 yaitu penyedap dan garam tambahan, jadi kalau ditaruh banyak bukannya meyedapkan malah juga turut mengasinkan dan menambah kadar garam, berarti gram harus ditaruh sedikit kalau mau taruh masako banyak, tapi rasanya jadi tidak original lagi karena kebanyakan perasa, kalau taruh masako banyak, garam kebanyakan, taruh garam dikit, masako banyak, rasanya jadi masako.

 * Kelebihan
-         Mengurangi konsumsi garam
-         Mempercepat  waktu cerna makanan
-         Meningkatkan selera makan dan kualitas hidup lansia

*Kekurangan
Masako adalah penyedap rasa yang banyak digunakan dalam makanan sehari-hari. Namun penggunaan MSG harus diatur agar tidak berlebihan. Ketika sesorang menggunakan MSG terkadang mengalami reaksi antara lain berupa sakit kepala, berkeringat, sesak nafas, mati rasa, kesemutan, detak jantung yang tidak teratur dan kencang, sakit dada, hingga mual, menghambat pertumbuhan bagi anak-anak.

Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “Masako”

*Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Segmen penjualan produk royco ini ditujukan untuk wanita ataupun pria dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk Royco ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Masako ini banyak di jual di pasar maupun supermarket. Masako ini pun ada yang kecil maupun besar, yang kecil 9gr 500 rupiah dan yang besar 17gr 2500 rupiah. Masako ini pun sudah banyak di beli oleh kalangan masyarakat.

*Targeting
·                         1.Targeting produk ini sering sekali menjadi pelezat makanan pengganti royco kalau royco itu kehabisan stok
                  2.  Spesialisasi Produk
Spesialisasi produk royco ini adalah penyedap bumbu setiap masakan
3. Jangkauan Pasar
Produk ini bersaing di pasar Nasional maupun Minimarket.


3. Sasa



*Komposisi:
-penguat rasa mononatrium glutamat 99% murni

*Apa yang membedakan SASA dengan penyedap rasa yang lainnya?

PT Sasa Inti memprakarsai produksi MSG di Indonesia, Nama Sasa sendiri merupakan kependekan dari "Sari Rasa" dimana diterjemahkan sebagai sari dari rasa dan gambaran dari fokus utama bagi perusahaan. Faktanya, untuk kebanyakan orang Indonesia, Sasa berarti MSG penguat rasa, bagian bumbu dapur yang sangat diperlukan. PT Sasa Inti didirikan oleh Rodamas pada tahun 1968, Sasa merupakan perusahaan MSG pertama di Indonesia yang bertumbuh menjadi merek yang memimpin pasar untuk pasar lokal MSG. Dalam menangapi pertumbuhan permintaan ini, Operasional yang terpadu guna memproduksi Glutamic Acid dan MSG didirikan tahun 1973 dengan nama Sasa Inti.

Guna dari penguat Rasa atau MSG SASA adalah untuk membuat rasa gurih lebih baik.Contoh :jumlah daging pada masakan kurang porsinya dengan ditambah MSG, maka rasanya menjadi benar-benar gurih
3 Kegunaan Utama dari SASA Penyedap Masakan
* Sumber rasa gurih (= Umami), rasa dasar yang ke 5 dan memperkuat rasa masakan menjadi lebih sedap
* Mengurangi rasa tidak enak dari bahan (misal langu)
* Menambah kadar Glutamat (protein) pada makanan

*Kelebihan:
- Mudah dicari
- Harganya murah
- Memiliki variasi kemasan yang banyak dan inovatif
- Bersertifikasi halal

*Kekurangan:
- tidak ada variasi rasa
- Kemasannya transparan (memudahkan produk untuk terkontaminasi)

Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “SASA”

*Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Segmen penjualan produk sasa ini ditujukan untuk wanita ataupun pria dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk SASA ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh seluruh kalangan. Untuk kemasan kecil 18 dengan harga 500 rupiah Sangat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

*Targeting

1. Konsentrasi Produk
    Targeting dari produk ini adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Sasarannya adalah masyarakat umum baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum (anak kost misalnya).

2. Spesialisasi Produk
    Spesialisasi produk sasa ini adalah SASA sebagai bumbu penyedap disetiap masakan
3. Jangkauan Pasar
    Produk ini bersaing di pasar Nasional.

*Positioning

  Posisi SASA di tanah Indonesia ini sangatlah populer.Selain sudah berdiri sejak tahun 1968,SASA guna dari penguat Rasa atau MSG SASA adalah untuk membuat rasa gurih lebih baik.Contoh :jumlah daging pada masakan kurang porsinya dengan ditambah MSG, maka rasanya menjadi benar-benar gurih

Analisis Pembalut Wanita

1.Charm


      *Material
Non woven

      *Yang membedakan dengan produk lainnya:
Mereka mengeluarkan berbagai macam varian produk yang disesuaikan oleh kebutuhan penggunanya. Diantaranya produk yang mereka keluarkan adalah : Pembalut Charm siang extra maxi, pembalut siang charm ultra slim protect dan pembalut malam charm ultra slim wing 29 cm.


*Kelebihan :

1. Produk Mudah Ditemui
   Kelebihan yang dimiliki oleh Charm produk ini mudah ditemui dimana saja jika kamu ingin membelinya. Bahkan di toko – toko kelontong mereka juga menjual charm.
2. Harga Terjangkau
selain mudah ditemui mereka juga menjual produknya terjangkau sekali.membeli chram seri extra maxi yang isi satu hanya Rp.500 saja per bungkusnya.

*Kekurangan :

1.Charm Sayap Rawan Iritasi di Kulit
   Produk Charm ini rawan iritasi di produk yang sayap. Karena sayap pembalunya terbuat dari plastik dan mereka bergesekan dengan kulit ya jadinya iritasi kalau digunakan dalam jangka waktu lama meskipun sudah ganti pembalut juga.


Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “charm body fit”

* Segmentation
Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
Segmen penjualan produk charm body fit ini ditujukan untuk wanita dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk charm body fit ini seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
Targeting dari produk ini adalah remaja atau ibu rumah tangga
2. Spesialisasi Produk
Spesialisasi produk charm body fit ini adalah pembalut
3. Jangkauan Pasar
Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
Produk charm di mata pelanggan sangat baik karna ke unggulannya

2.Laurier Healthy Skin
·             *Komposisi:
No woven

·              *Apa yang membedakan laurier healthy skin lainnya?
Pembalut nya bikin nyaman tidak menimbulkan iritasi dan lembut tidak tebal jadi gak ganjel buat aktifitas sehari2

·                 *Kelebihan:
Pembalut siang pertama untuk kesehatan kulit area kewanitaan. Inovasi baru 3D Pori Bergelombang menyerap cairan seketika dan meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut tetap kering.

·            *Kekurangan:
kekurangannya cuma satu yaitu pembalut terlalu tebal jadi sering mengganjal. mungkin akan lebih baik jika ketebalannya dikurangi agar lekbih nyaman dipakai.

Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “LAURIER HEALTHY SKIN”


* Segmentation
   Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
    Segmen penjualan produk lauriel healthy skin ini ditujukan untuk wanita dengan usia remaja maupun dewasa. Namun, produk seringkali identik digunakan oleh wanita yang sering beraktivitas lebih di siang hari
b) Segmentasi Geografis
    Penjualan produk laurier healthy skin ini di seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
    Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
    Dengan variasi kemasan yang beragam, sehingga harganya lebih mudah dijangkau oleh seluruh kalangan. Untuk  6 pcs dengan harga Rp.11000. Sengat memikat konsumen untuk menggunakan produk ini.

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
    Targeting dari produk ini adalah remaja atau ibu rumah tangga.
2. Spesialisasi Produk
    Spesialisasi produk laurier healthy skin pembalut .
3. Jangkauan Pasar
    Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
   Posisi produk ini sangat di sukai oleh wanita yg mempunyai aktivitas lebih 

3.Softex Daun Sirih 


*Komposisi:
no woven

·                            *Apa yang membedakan softex daun sirih dengan pembalut lainnya?
Bau daun sirih yg mengurangi bau amis

·                           *Kelebihan:
 daya serapnya lumayan tinggi, jadi selalu kering.

·                          Kekurangan:
Susah di cuci

Segmentation, Targeting dan Positioning pada produk “SOFTEX DAUN SIRIH”

* Segmentation
   Dalam segmentasi pasar dan Sasaran, segmentasi dibagi menjadi beberapa segmen. Yaitu :
a) Segmentasi Demografi
    Segmen penjualan produk SOFTEX DAUN SIRIH ini ditujukan untuk wanita dengan usia remaja maupun dewasa
b) Segmentasi Geografis
Penjualan produk softex daun sirih ini di seluruh wilayah Indonesia.
c) Segmentasi Psikografis
    Produk ini ditujukan untuk semua kalangan. Baik kalangan ekonomi menengah ke atas, maupun kalangan ekonomi menengah ke bawah.
d) Segmentasi Harga
Dengan variasi yg berbeda harga produk softek daun sirih RP 19900 per 16 pcs

* Targeting
1. Konsentrasi Produk
    Targeting dari produk ini adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Sasarannya adalah masyarakat yang sudah berkeluarga. Namun, kemudian berkembang karena kini baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum (anak kost misalnya).
2. Spesialisasi Produk
    Spesialisasisoftex daun sirih adalah pembalut
3. Jangkauan Pasar
    Produk ini bersaing di pasar Nasional.

* Positioning
Produk ini mempunyai nilai yg berbeda dengan yg lainnya karna harum bau sirih nya

























Comments